Home » » Pengertian Dan Fungsi Masing-Masing Isi Badan Sel

Pengertian Dan Fungsi Masing-Masing Isi Badan Sel



Kita Telah mempelajari materi IPA Biologi tentang sel saraf , Sel Saraf terdiri atas badan sel .Kali ini saya akan menjelaskan penjelasan dari isi badan sel yaitu nukleus ( inti sel ) , sitoplasma , mitokondria , sentrosom  ,badan golgi , lisosom , dan badan Nissl.

Berikut Penjelasan Dan Fungsi Masing2 Isi Dari badan sel menurut saya :

Petunjuk : Agar Mudah dan Cepat Mendapat kata yang anda cari , Gunakan Ctrl + F .

1. Nukleus ( Inti Sel ).


-Nukleus atau inti sel merupakan bagian penting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel. Nukleus   merupakan organel terbesar yang berada dalam sel. Nukleus berdiameter sekitar 10 m. Nukleus biasanya terletak di tengah sel dan berbentuk bulat atau oval.
-Fungsi utama nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen.
 -Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.


2. Sitoplasma.
  
-Sitoplasma atau plasma sel, meliputi isi sel, keculai nukleus (intisel). Sitoplasma tersusun atas cairan dan padatan. Padatan sitoplasma terdiri atas organel- organel. Organel adalah bagian sel yang memiliki fungsi khusus, misalnya ribosom, mitokondira, dan kompleks Gogli.Didalam sitoplasma itulah berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat melalui reaksi kimia, Misalnya pembentukan energi, sintesis asam lemak, assam amino, protein.Sitoplasma "mengalir" di dalam sel untuk menjamin berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme berlangsung dengan baik. Gerakan organel tertentu sebagai akibat aliran sitoplasma tersebut dalam diamati dengan mikroskop.
-Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula,lemak, dan protein.

3.  Mitokondria.

-Mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yaitu lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. Lapisan membran dalam ada dalam bentuk lipatan-lipatan yang sering disebut dengan krista. Mitokondria terdiri atas membran luar,membran dalam,serta membran rangkap.
-Fungsi mitokondria mengambil energi dari zat-zat gizi dalam makanan dan mengubahnya menjadi suatu bentuk yang dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas sel. Sehingga mitokondria disebut juga dengan organel energi.



4. Sentrosom.

-Sentrosom merupakan wilayah yang terdiri dari dua sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel, dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutub-kutub sel yang sedang membelah.
-Sentrosom berfungsi aktif pada saat pembelahan sel.



5. Badan Golgi.
     
      
-Badan golgi terdiri dari suatu jaringan tak teratur dari benda-benda seperti batang, bulat, atau berbutir-butir pada sel-sel hewan, yang sering terpusat di sekitar nukleus.
Badan golgi banyak terdapat pada sel-sel kelenjar dan saraf, tetapi hanya sedikit pada sel-sel otot.     
-Fungsi badan golgi untuk ekskresi sel, pembentukan dinding sel, dan pembentukan lisosom.



6. Lisosom.
 
Lisosom adalah benda seperti vakuola yang mensekresikan enzimenzim untuk mencernakan bahan.Lisosom berbentuk bulat dan berisi enzim hidrolitik atau lisozim. 
Lisosom Berfungsi mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan.
 
          


7. Badan Nissl.
      
Badan Nissl adalah kumpulan dari RE ( Retikulum Endoplasma ).
Badan Nissl Berfungsi sebegai tempat transportasi protein.


Sekian Penjelasan saya , bila ada yang tidak lengkap mohon dimaafkan....

Wassalam...

Created By maczcandraman.blogspot.com

Related Post:

Share this article :

1 komentar:

Thank gan , Informasinya bermanfaat sekali !!!

 
Support : Creating Website | Candra Nugraha | Dark Template
Copyright © 2011. TDC Candra - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger